Sabtu, 10 Mei 2014

Juara 1 Lomba Mading se Sulawesi Selatan

Assalamualaikum, wr.wb. !
Nama lengkap saya SRI MURTINI dan Ini pengalaman pertama saya mengikuti lomba MADING (Majalah Dinding).
Waktu itu sekolah saya SMAN 1 BONTOMARANNU diundang untuk mengikuti Olimpiade Sosiologi di UNM (Universitas Negeri Makassar) se Sulawesi-Selatan tahun 2013. Ada berbagai macam lomba mulai dari Cerdas Cermat, Social Knowladge, dan Mading. Kebetulan guru bahasa indonesia ibu Hasiah,S.Pd yang merupakan guru favorit saya mempercayakan untuk lomba mading saya yang mewakili sekolah.
Perlombaan dimulai tersisa waktu 1 minggu. Ini kesempatan saya membuktikan bakat dan kreatifitas yang saya miliki untuk mengharumkan nama sekolah. Saya tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini. Disitu saya mulai berfikir keras apa yang harus saya lakukan.
Tetap berpacu pada peraturan yang sudah dibuat dalam lomba Mading yaitu :
MEKANISME LOMBA MAJALAH DINDING (MADING)
1.      Sistematika Mading
Mading hendaknya memiliki rubrik berikut:
a.       Salam redaksi, merupakan pengantar dari penulis yang dipilih adalah kata-kata yang menarik untuk dibaca.
b.      News (berita), berita yang dipilih merupakan berita aktual, terpercaya dan menarik yang berhubungan dengan isu sosial
c.       Profil, berisi profil seseorang yang patut untuk diteladani dan berkaitan dengan tema yang pilih oleh peserta.
d.      Karikatur, karikatur yang dipilih merupakan karikatur yang medidik, dan tidak mengandung sara dan pornografi.
e.      Artikel, merupakan artikel mendidik, menarik dan mengundang keingintahuan tinggi untuk dibaca.
f.        Hiburan, yang meliputi puisi, cerpen, cergam, dan lain-lain. Beberapa rubrik lain yang boleh dimasukkan adalah opini, foto, gambar, dan tips.
2.      Kriteria Penilaian
a.       Isi Mading
Berisi tentang penilaian:
-          Kesesuaian isi tulisan mading dengan tema.
-          Variasi rubrik mading, seperti artikel, profil, sastra, dll.
b.      Tata Bahasa
Berisi penilaian tentang:
-          Diksi atau pilihan kata
-          Keserasian tema dan isi wacana
-          Keseuaian bentuk paragraf, kalimat, dan jenis karangan yang digunakan.
c. Kreaatifitas dan Artistik
Berisi penilaian tentang:
-          Taraf kesulitan dalam pembuatan bentuk dan background mading.
-          Paduan warna
-          Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan mading.
d.      Presentase mading
Berisi penilaian tentang:
-          Kekompakan tim
-          Intonasi dan cara penyampaian isi mading.
Awalnya bingung, tidak mungkin saya mengerjakan Mading ini sendirian. Sambil memikirkan nama mading, topik, tema, serta isi yang sekiranya menarik untuk di tampilkan ke dalam Mading saya mencoba mengajak sahabat saya untuk membantu dan ternyata mereka mau. Alhamdulillah terbentuklah team mading yang belum tau namanya apa.

Kebetulan ayah saya seorang jurnalistik di salah satu koran online. Saya coba meminta saran tentang pemilihan nama mading yang bagus. Kita sama-sama befikir, dan akhirnya muncullah Mading JENIUS( Jendela Informasi untuk Semua).
Kami mengangkat Topik tentang Korupsi, dengan tema Mari Melawan Koruptor. Ayah saya ikut membantu memberi ide dan saran.
 Pembuatan Mading JENIUS ini tidak menggunakan biaya yang banyak. Kreatifitas , ide-ide dan saran/masukan kami kumpulkan. Dan suksesnya sebuah kreasi yang bagus itu karena kekompakan team. Pada saat membuat Mading ini ada banyak kesan. Waktu yang diberikan terlalu sedikit sampai-sampai lembur kerjanya. Bahkan sahabatku yang lain sempat mengeluh (menyerah) karena sudah stress melihat Madingnya belum jadi dan waktunya tinggal sehari. Saya sebagai ketua tidak berhenti memberi motivasi sampai semuanya kembali bersemangat.
Dan tibalah lomba dimulai, ada berbagai bentuk mading dan semuanya bagus-bagus. Ini diantaranya:





Dibandingkan dengan Mading semua peserta dari berbagai daerah se SUL-SEL Mading JENIUS kami juga gak kalah bagus dong J alhamdulillah. Dengan modal percaya diri, membangun impian dan harapan bahwa kita harus menjadi pemenang.
Ini saat kita mempresentasekan Mading kami:
 Saat yang dinanti-nantikan tiba juga. Pengumuman pemenang hasil lomba Mading dan Alhamdulillah tidak sia-sia perjuangan kami. Nama sekolah kami muncul sebagai pemenang pertama dalam lomba ini.

Kami pulang membawa kebanggaan untuk sekolah dan ini merupakan yang pertama kalinya disekolah kami terpampang piala, piagam, dan sertifikat Juara 1 lomba Mading se SUL-SEL. 


Semoga ini bisa bermanfaat buat para pembaca dan bisa menjadi inspirasi. Terima kasih, Wassalamualaikum, wr. wb.

5 komentar:

  1. Assalamualaikum... saya tertarik dengan nama blog mbak, jadi saya tertarik untuk memakainya untuk nama mading saya di perpustakaan, akan sangat bersyukur bila mbak tidak keberatan untuk saya gunakan nama JENIUS. Semoga Allah memberi balasan yang berlimpah.. AMin...

    BalasHapus
  2. saya tertarik dengan info anda tentang kebetulan juga saya dari anggota osis, jadi numpang mengikuti instruksinya ya

    BalasHapus
  3. Ass kaka. Sya tertarik dgn nama jenius di mading kaka. Saya ingin meminta izin untuk menggunakan kata jenius di mading sklh sya. Makasih sebelumnya kaka

    BalasHapus
  4. Ass kaka. Sya tertarik dgn nama jenius di mading kaka. Saya ingin meminta izin untuk menggunakan kata jenius di mading sklh sya. Makasih sebelumnya kaka

    BalasHapus
  5. saya juga tertarik nama jenius nya
    izin mnggunakan yah

    BalasHapus